WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Melihat Struktur Direktori Linux

struktur direktori linux

Kali ini saya akan memberikan tips sederhana untuk mengetahui struktur direktori (folder) linux. Seringkali kita lupa terhadap jumlah direktori yang ada didalam komputer (bukan seluruh direktori sistem) misalnya direktori dokumen, kita bahkan terkadang lupa apa saja yang terdapat didalam folder tersebut dan berapa banyak jumlahnya karena jarang mengakses direktori tersebut. Bagi pengguna linux yang identik dengan terminal mungkin melakukan pemeriksaan terhadap isi direktori sudah hal biasa karena sering melakukan perintah cd ataupun yang lainnya, namun terkadang saat memeriksa sering kita temui folder yang berisikan sub-sub folder beserta filenya.
Dalam hal ini saya asumsikan kita sedang menggunakan terminal dan bukan menggunakan file manager yang tentu saja akan lebih mudah untuk memeriksanya. Pada terminal kita dapat menjalankan perintah ls untuk menampilkan daftar file dari sebuah direktori ($ man ls untuk informasi lebih lanjut), akan tetapi cara ini hanya akan menampilkan induk direktori dan sub-sub yang ada didalamnya tidak akan tertampil, semisal saya akan membuat sebuah direktori induk months dengan sub direktori days yang berisikan sub direktori sunday dan monday dengan masing-masing berisikan direktori jumlah tanggal 1-7.
$ mkdir months
$ mkdir -p days/{sunday,monday}/{1..7}
Kemudian setelah proses pembuatan direktori berhasil kita dapat langsung memeriksanya dengan perintah ls, perlu diingat perintah tersebut hanya akan menampilkan direktori induk seperti hasil pada gambar berikut ini.
struktur direktori linux

Dari hasil gambar tersebut hanya tertampil direktori induk, padahal didalam direktori days masih terdapat beberapa direktori lagi, meskipun sebenarnya kita bisa mengecek lagi isi dari direktori days dengan menambahkan nama direktori setelah perintah ls -l days maka akan menampilkan isi direktori days, cara ini cukup memakan waktu. Oleh karena itu saya menggunakan aplikasi yang bernama tree, aplikasi ini akan menampilkan seluruh isi dari sebuah direktori layaknya sebuah tampilan struktur, untuk dapat menggunakannya terlebih dahulu harus menginstall aplikasi ini dengan cara:
$ sudo apt-get install tree (size file hanya beberapa kb)
Setelah aplikasi berhasil terinstall maka lakukan perintah dibawah ini untuk menampilkan seluruh isi dari sebuah direktori.
$ tree -d
Cukup dengan perintah tersebut makan seluruh isi direktori akan ditampilkan, berikut gambar hasil penggunaan aplikasi tree.
struktur direktori linux

Dari masing-masing perintah memiliki kesamaan fungsi hanya saja aplikasi tree memiliki keunikan dalam hal menampilkan isi direktori. Cara manakah yang cocok untuk anda? kalau saya lebih sering menggunakan perintah ls karena sudah terbiasa. Selamat mencoba..

2 comments: Leave Your Comments

  1. wah kok saya tulisanya 0 directories? padahal mau tak buat direktori /home katanya udah ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lokasinya memang tidak ada direktori tersedia gan. Dan memang benar direktori /home itu default ketika login user, jadi tidak bisa dibuat karena sudah ada dari awal

      Delete