WHAT'S NEW?
Loading...

Dasar Perintah-Perintah linux

dasar perintah linux

Bagi para pengguna linux, penggunaan terminal shell sudah menjadi hal yang vital karena memang disitulah letak segala fungsi dijalankan, meskipun sebenarnya sudah banyak kemudahan yang diberikan oleh interface yang sekarang ini terus dikembangkan sehingga tidak diperlukan untuk menggunakan terminal untuk menjalankan fungsi tertentu seperti menjalankan aplikasi, copy-paste file dan lain-lain.
Namun meskipun sudah diberikan kemudahan melalui interface, pemahaman akan perintah-perintah shell dilinux sangat perlu dikuasai (minimal dasarnya) karena bila sudah berhadapan dengan server, tidak ada yang namanya interface karena akan menambah beban RAM (meskipun bisa menginstall interface di server). Pada linux ada terdapat banyak perintah-perintah shell, sehingga penggunaannya tergantung kebiasaan dari penggunanya sendiri (tidak perlu dihapalkan) dan juga terkadang kita tidak mengetahui apa fungsi dari perintah shell tersebut, misalnya seperti artikel-artikel tutorial yang sering ditemukan di internet yang menggunakan perintah shell $ echo "congratulation" yang menampilkan tulisan congratulation di terminal.
Perlu diketahui saat menggunakan perintah shell ada baiknya kita mengetahui apa fungsi perintah tersebut yang dapat kita ketahui dengan menggunakan $ man nama_perintah yang akan menampilkan informasi dari perintah shell tersebut. Cara ini sudah biasa digunakan bagi orang yang akrab dengan terminal, akan tetapi mungkin bagi sebagian orang sulit untuk membaca melalui terminal. Saat ini terdapat banyak website yang menyediakan informasi dari fungsi perintah-perintah shell salah satunya yaitu explainshell.com yang menampilkan interface sederhana dalam menyediakan informasi perintah shell. Web tersebut cukup baik digunakan dan saya sendiri sudah mencobanya hanya dengan mengetik nama perintah yang ingin kita ketahui fungsinya maka web tersebut akan menampilkan informasi mengenai fungsi dari perintah tersebut. Berikut ini tampilan web tersebut saat saya coba.
dasar perintah linux

dasar perintah linux


Selamat mencoba..

0 comments:

Post a Comment