WHAT'S NEW?
Loading...

Menghitung Jumlah Data Tabel MySQL

menghitung jumlah data tabel mysql

Dalam penggunaan database terutama dalam aplikasi sistem informasi, sering kali terdapat menu untuk melihat jumlah data. Untuk dapat melihat jumlah data tersebut diperlukan penghitungan data yang ada didalam tabel, penghitungan yang dimaksud ialah jumlah data baris yang ada dalam sebuah tabel. Proses penghitungan ini dilakukan dengan klausa COUNT(*), berikut ini contoh sederhana menghitung jumlah baris dari suatu tabel.
mysql> SELECT COUNT(*) FROM human;
Query diatas akan menghitung seluruh isi dari tabel human. Namun dengan query tersebut akan menampilkan seluruh isi tabel meskipun terdapat seseorang yang memiliki beberapa data, oleh karena itu akan lebih baik jika menggunakan GROUP BY untuk mendapatkan data yang baik.
mysql> SELECT name, COUNT(*) FROM human GROUP BY name;
Terkadang kita tidak memerlukan untuk menampilkan jumlah keseluruhan data dan hanya memerlukan data spesifik yang diinginkan untuk ditampilkan, hal seperti ini sering terdapat pada aplikasi sistem informasi, dari contoh-contoh diatas hanyalah gambaran sederhana dalam penggunaannya namun bila menginginkan data yang spesifik maka diperlukan modifikasi query sesuai data yang diinginkan, misalnya untuk menjumlahkan data dari binatang peliharaan sesuai dengan jenis dan kelaminnnya yang dimiliki.
mysql> SELECT spesies, kelamin, COUNT(*) FROM peliharaan
-> WHERE spesies = 'kelinci' OR spesies = 'kucing'
-> GROUP BY spesies, kelinci;
Dari contoh query diatas cukup mudah bukan dalam pemahaman dalam penggunaannya, bila ingin mendapatkan pemahaman lebih jelas bisa dicoba langsung didalam database yang anda miliki, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


5 comments: Leave Your Comments

  1. Mas bisa minta tolong,,, sya memiliki kasus penampilan absen pada klinik,,,
    cuma smpe skarang blom kelar,,,,
    script udah di utak atik tapi hasil nya nihil,,, maklum newbi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Absen klinik ya, lalu apa kendalanya ? Jika script berarti itu artinya code pemrograman ? atau yang dimaksud query sql ?

      Delete
    2. iya mas,, menampilkan data dri databasenya berdasarkan nama, tanggal yg ditentukan dan yg tampil yg hadir saja mas,,,

      Delete
    3. mungkin bisa dimisalkan, SELECT nama FROM tbl_absensi WHERE tgl_hadir = '2017-10-18' AND status_hadir = true.

      semua tergantung relasi dan desain tabel yang ente buat gan.

      Delete
    4. karena sudah keluar dari context artikel, mungkin bisa via email saja, komentar ente yang lain gak bisa ane tampilkan

      Delete