WHAT'S NEW?
Loading...

Memahami Perbandingan Pattern Matching MySQL

pattern matching mysql

Kali ini saya akan memberikan pemahaman mengenai pencocokan pola (pattern matching) dalam MySQL. Pattern matching digunakan untuk mencocokan setiap satu karakter menggunakan "_" dan menggunakan "%" untuk mencocokan semua jumlah dari karakter termasuk zero characters. Didalam MySQL secara default pattern matching bersifat case-sensitive jadi jika salah memasukkan data maka tentunya data tidak akan tertampil, dan cara menggunakannya yaitu dengan klausa LIKE dan NOT LIKE. Berikut ini contoh agar dapat lebih mudah memahaminya.
mysql> SELECT * FROM human WHERE name LIKE 'b%';
Query diatas digunakan untuk menampilkan seluruh nama yang berawal dengan huruf b dari dalam tabel human. Kemudian untuk memampilkan sebaliknya yaitu nama yang berakhiran dengan huruf misalnya na maka cukup memindahkan simbol pattern matching ke awal karakter.
mysql> SELECT * FROM human WHERE name LIKE '%na';
Contoh dua query diatas hanya untuk mencocokan akhiran dan awalan sebuah nama, namun contoh berikut ini untuk menampilkan nama yang mempunyai huruf k, tidak banyak orang mempunyai huruf k dalam namanya oleh karena itu cocok untuk contoh berikut ini.
mysql> SELECT * FROM human WHERE name LIKE '%k%';
Selanjutnya menggunakan simbol pattern matching "_", simbol underscore ini berarti 1 karakter jadi bila digunakan dalam query akan berarti 1 karakter dalam setiap simbol underscore. Contohnya saat mencari nama seseorang yang mengandung 5 buah karakter.
mysql>SELECT * FROM human WHERE name LIKE '_____';
Demikianlah sedikit pemahaman dari salah satu metode pattern matching MySQL, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment