WHAT'S NEW?
Loading...

Monitoring Proses Sistem Linux Dengan Htop

monitoring linux htop

Pada artikel sebelumnya beberapa waktu yang lalu, saya telah membuat artikel tentang tools monitoring server linux, lalu sekarang ini saya akan mengenalkan tool monitoring lainnya yang disebut Htop, saya gunakan pada laptop saya mengunakan linux Debian. Tool ini juga tentu dapat digunakan pada distro yang lainnya. Htop sendiri merupakan pengganti perintah shell Top, dan saya sendiri telah menggunakan tool ini sejak lama.

Apa itu Htop

Htop adalah tool atau aplikasi interaktif yang berfungsi untuk monitoring proses sistem pada Linux. Tool ini bekerja dengan menampilkan daftar lengkap dari proses sistem yang sedang berjalan dan juga tentunya mudah untuk digunakan dalam menangani proses sistem yang berjalan seperti mematikan (kill) salah satu proses yang sedang berjalan.

Menginstall Htop

Untuk menginstall Htop tidaklah susah, terlebih bila menggunakan distro Debian ataupun Ubuntu yang sudah tersedia langsung di repository-nya. Lakukan perintah berikut ini untuk menginstall Htop:
# apt-get install htop
# htop <== menjalankan aplikasi htop via terminal
Setelah berhasil menginstall, kita dapat langsung menjalankannya melalui terminal dengan perintah htop, atau bisa juga melalui shorcut icon yang sudah tersedia.

Htop mempunyai 3 bagian utama yaitu:

- Header, dimana kita dapat melihat informasi seperti proses CPU, RAM, Swap dan juga melihat sebuah task, Load average dan Up-time sistem.
- Daftar proses berurut berdasarkan pengguna CPU.
- Bagian footer yang menampilkan options seperti help, setup, kill, nice, quit dll.
htop

Htop Shortcut dan Function Keys

Kita dapat menggunakan footer yang menampilkan function keys untuk menangani proses sistem, tetapi saya lebih menganjurkan untuk menggunakan shortcut keys karena lebih mudah. Berikut ini daftar shortcut dan function keys dan beserta fungsinya dalam interaksi aplikasi htop.
monitoring linux htop

Tekan F2 atau S untuk setup menu, terdapat 4 kolom didalamnya Setup, left column, right column dan available meters.
monitoring linux htop

Tekan t untuk menampilkan proses sistem dalam tampilan tree
monitoring linux htop

Beberapa contoh gambar diatas saya lakukan untuk memonitoring proses sistem laptop saya, dapat dilihat salah satunya yaitu penggunaan CPU dan RAM yang cukup tinggi. Dengan tool ini memang sangat memudahkan kita yang terbiasa senang multitasking sehingga sering mengabaikan proses sistem yang digunakan, kadang kala kita merasakan bunyi komputer yang cukup nyaring, dengan tool ini kita dapat ketahui penyebabnya, dan biasanya disebabkan oleh CPU usage 100% yang sering kita temukan, untuk menghindari hal itu kita dapat mematikan proses yang menyebabkan penggunaan CPU yang berlebihan dengan tool ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

4 comments: Leave Your Comments

  1. keren gan,kayak film hacker2 gitu,nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo ilmu sekelas hacker itu gan jauh tinggi dari seperti artikel diatas :)

      Delete
  2. keren artikel tentang linuxnya gan

    ReplyDelete