WHAT'S NEW?
Loading...

Amerika Utara Kehabisan IPv4

ipv4

Ketersedian IPv4 didunia memang semakin menipis karena perkembangan teknologi saat ini hampir memenuhi cadangan IPv4. Dan untuk di America Utara, IPv4 address telah habis persediaannya dan tidak bisa diproduksi lagi.

Berita ini disampaikan langsung oleh American Registry for Internet Numbers (ARIN) yang telah mengumumkan titik akhir dari persediaan IPv4 address mereka telah mencapai Nol.

Tetapi sebenarnya mereka menerima permintaan untuk mendapatkan IPv4, yang mana akan dapat diterima dengan 2 syarat:

1. Menunggu daftar permintaan IPv4 penuh - Ikut kedalam daftar tunggu dan berharap akan ada tersedia blok IP yang bisa didapatkan.
2. IPv4 transfer market - Bisa didapatkan dengan membeli dari perusahaan atau organisasi lain yang memiliki IP lebih dari yang digunakan.

Mengenai IPv4 bukan hanya perhatian di negara America saja, namun juga hampir negara sudah memasuki limit persediaan IP mereka. Termasuk salah satunya di Indonesia sendiri juga telah bersiap akan hal itu dengan mulai memasuki era IPv6.

IPv6 ditemukan sekitar 2 dekade yang lalu pada tahun 1998 dan dengan fitur address yang lebih panjang, misalnya FE80:0000:0000:0000:0202:B3FF:FE1E:8329. Contoh ini dapat mengartikan kalau IPv6 akan tersedia dengan total panjang alamat 340 Triliun Triliun Triliun untuk dapat tersedia dalam jangka panjang.

Memang IPv6 belum terlalu banyak digunakan namun saat ini sudah banyak pihak yang mulai berbenah secara perlahan guna memasuki era tersebut. Dengan era IPv6 belum diketahui kapan akan habis karena melihat dari IP itu sendiri sangat banyak jumlahnya dan tentunya akan bertahan sangat lama hingga habis nantinya. Jadi kita tunggu saja era itu datang dan juga sambil menunggu teknologi apa yang akan muncul bersamaan dengan erat tersebut.


source: thehackernews

10 comments: Leave Your Comments

  1. Baru tau info yg seperti ini.
    thanks ya

    ReplyDelete
  2. ternyata perkembangan penggunaan internet jauh lebih cepat di banding teknologinya ya gan,nice post menambah wawasan saya banget

    ReplyDelete
  3. wih keren infonya gan,
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  4. kemajuan teknologi emank cepat bgt.. apakah amerika utara gk bisa ikut beralih saja ke ipv6

    ReplyDelete
  5. Indonesia juga sudah siap-siap beralih ke ipv6, persiapan memang cukup waktu yang lama supaya ekosistem yang lama dapat tetap maksimal atau lebih baik lagi fungsionalnya kalo sudah pindah ke ipv6, tapi kapan realisasi sepenuhnya mungkin ketika benar-benar sudah habis nantinya

    ReplyDelete
  6. memang sudah waktunya beralih ke Ipv6 mungkin,.. karena dg perkembangan yg terjadi lebih mendukung versi terbaru.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep betul, dan juga IPv4 sudah hampir kehabisan stok :D

      Delete