WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Menggunakan Crontab di Linux

menggunakan crontab di linux

Crontab merupakan sebuah sistem daemon yang digunakan untuk menjalankan sebuah tugas yang diinginkan pada suatu waktu tertentu (bekerja dibelakang layar). Crontab adalah sebuah perintah yang bekerja pada waktu yang ditentukan oleh pengguna. Jadi semisal kita adalah seorang admin dan saat ini sedang melakukan konfigurasi salah satu sistem server, disamping itu kita juga harus mengupdate sistem karena terdapat bugs dan telah diberikan update untuk mengatasi bugs tersebut, maka kita dapat menggunakan Crontab untuk melakukan update sistem.
Untuk dapat menggunakan Crontab cukup mudah, namun perlu dipahami terlebih dahulu adalah formula untuk perintah Crontab yang terdiri dari " m h dom mon dow command" dengan keterangan sebagai berikut:
  • Tiap sesi dipisahkan oleh 1 spasi, seperti contoh diatas terdapat 6 buah parameter perintah yang harus digunakan.
  • m (minute) = pengaturan untuk menit ke berapa perintah akan dijalankan (menit 0-59)
  • h (hour) = pengaturan untuk jam ke berapa perintah akan dijalankan (jam 0-23, 0=midnight)
  • dom (day of month) = pengaturan untuk setiap tanggal berapa perintah akan dijalankan (0-31)
  • mon (month) = pengaturan untuk bulan apa perintah akan dijalankan (1-12)
  • dow (day of week) = pengaturan hari dalam hitungan seminggu untuk hari apa perintah akan dijalankan (0-6, 0=sunday)
  • command = perintah yang akan dijalankan 

Jadi dengan keterangan perintah diatas, maka dapat kita pahami pola untuk cara kerja Crontab dan berikut ini contoh sederhana penggunaan Crontab:
# 0 12 1 * * apt-get update -y
Dengan perintah diatas Crontab akan menjalankan perintah update sistem untuk setiap menit 0 jam 12 siang ditanggal 1 setiap bulannya. Cukup mudah bukan, tetapi apabila kita menginginkan pengecekan update dilakukan setiap hari pada jam tertentu kita hanya cukup menentukan menit dan jam berapa, sisa waktu lainnya berikan tanda bintang (*), misalnya saya akan melakukang pengecekan untuk setiap hari dijam 9 pagi.
# 0 9 * * * apt-get update -y
Menggunakan Crontab akan memudahkan dalam menangani hal-hal sederhana didalam server tanpa harus dilakukan secara manual, karena dengan Crontab semuanya telah terjadwal dengan baik sesuai dengan ketentuan waktu yang dilakukan oleh penggunanya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 comments: Leave Your Comments

  1. penting nih buat adek gue yg lebih suka linux ketimbang windows

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya monggo mbak, silakan mampir kemari adeknya kalo suka linux

      Delete