WHAT'S NEW?
Loading...

4 Hal Umum Dilakukan Setelah Install Arch Linux

4 Hal Umum Dilakukan Setelah Install Arch Linux

Umumnya saat setelah installasi Arch Linux (baca Tutorial Cara Install Arch Linux), beberapa hal perlu dilakukan agar bisa difungsikan sebagaimana mestinya, yang umum diantaranya adalah membuat user, setup repository, installasi package utilities, dan tentunya desktop environment.

Tahapan tersebut diatas merupakan tahapan dasar pada umumnya, dan juga cara melakukannya tidak begitu rumit. Silakan ikuti tahapan berikut ini hingga selesai, dan khusus untuk desktop environment (DE) saya akan menggunakan XFCE4 yang merupakan DE favorite sejak dulu.

Membuat user

Login menggunakan root terlebih dahulu, pastikan anda mengingat password root yang dibuat, setelah itu pastikan juga perangkat yang digunakan sudah terhubung ke internet, saya menggunakan kabel LAN ataupun jika di virtualbox menggunakan NAT untuk mendapatkan akses internet, pastikan dhcp sudah aktif, lakukan dengan perintah berikut:
# systemctl enable dhcpcd
# systemctl start dhcpcd
# ping archlinux.org
# pacman -Syu
Dari perintah diatas diasumsikan internet sudah terhubung dan kemudian kita melakukan update sistem jika memang ada tersedia update. Setelah selesai kita langsung membuat user baru dan juga diberi akses melakukan perintah sudo.
# useradd -m -G wheel -s /bin/bash bill
# passwd bill
Isikan password user tersebut, kemudian kita lanjutkan dengan melakukan konfigurasi visudo dengan perintah berikut:
# visudo
   %wheel ALL=(ALL) ALL
# pacman -S sudo
Sampai ditahap ini, proses membuat user pun selesai, bisa langsung coba logout dari root dan login menggunakan user baru tersebut.

Setup repository

Tahap ini cukup penting, karena bagi sebagian orang hanya mengandalkan official repository terkadang kurang puas dengan versi package yang diberikan, oleh karena itu diperlukan repository tambahan dan khusus untuk Arch Linux ada repository AUR ( Arch User Repository ), dan juga kita bisa menggunakan multi arch untuk dukungan package 32bit & 64 bit. Berikut ini langkah yang dilakukan.
-- multi arch 32 & 64bit
$ sudo vi /etc/pacman.conf
   [multilib]
    include = /etc/pacman.d/mirrorlist

-- enable Yaourt package (untuk install AUR package)
$ sudo vi /etc/pacman.conf
    [archlinuxfr]
    SigLevel = Never
    Server = http://repo.archlinux.fr/$arch

$ sudo pacman -Syu yaourt

$ yaourt -Syu

$ yaourt package_name (tidak memerlukan perintah sudo)
Selain menggunakan Yaourt, bisa juga menggunakan packer, saya pribadi menggunakan Yaourt untuk menginstall AUR package.
-- Packer installation
$ wget https://aur.archlinux.org/cgit/aur.git/plain/PKGBUILD?h=packer
$ mv PKGBUILD\?h\=packer PKGBUILD
$ makepkg
$ sudo pacman -U packer-*.pkg.tar.xz
$ packer -Syu

Install package utilities

Utilities sendiri merupakan tools sederhana yang umum digunakan semacam zip, wget, vim, tar dan lain sebagainnya, berikut ini sedikit contoh package yang diinstall, sisanya bisa menyesuaikan kebutuhan anda.
$ sudo pacman -S base-devel fakeroot jshon expac git wget
$ sudo pacman -S p7zip p7zip-plugins unrar tar rsync vim

Install desktop environment

Ini merupakan tahapan yang paling ditunggu, menentukan DE yang diinginkan untuk diinstall semua tergantung anda, diatas saya sudah menyampaikan kalau saya akan menginstall Xfce4 dan dengan display manager Lightdm-gtk dan jika anda ingin yang lain bisa googling terlebih dahulu macam-macam DE yang linux punya. Display manager sederhanya sih tools untuk proses login, jadi yang muncul untuk meminta login linux desktop itu disebut display manager. Langsung ke proses install dengan perintah berikut:
$ sudo pacman -S xorg xorg-server
$ sudo pacman -S xfce4 xfce4-goodies
$ sudo pacman -S lightdm lightdm-gtk-greeter
Hanya dengan perintah tersebut DE sudah terinstall, lalu kita perlu lakukan konfigurasi terhadap lightdm untuk mengaktifkan greeter yang terinstall.
$ sudo vi /etc/lightdm/lightdm.conf
   ..SeatDefaults
   greeter-session=lightdm-gtk-greeter
$ sudo systemctl start lightdm
$ sudo systemctl enable lightdm
Sampai disini semua tahapan sudah selesai, untuk mencobanya bisa langsung lakukan reboot, maka akan langsung tampil default greeter login dan DE default dari Xfce4. Silakan tinggalkan komentar jika mengalami kendala.

Image source: youtube

0 comments:

Post a Comment