WHAT'S NEW?
Loading...

Tingkatkan Keamanan Data Dengan Disk Encryption

disk encryption

Keamanan sebuah data menjadi hal vital yang harus diperhatikan tiap orang. Terdapat beragam cara untuk mengamankan data salah satunya dengan sistem enkripsi. Kita dapat menenkripsi segala jenis terkait dengan data seperti files dan partition. Namun beberapa orang hanya lebih mengutamakan untuk mengamankan data, tetapi bukankan lebih baik mengamankan wadah untuk data itu sendiri yaitu partition atau disk.

Mengenal Whole Disk Encryption

Whole disk encryption adalah sebuah proses dalam mana dalam setiap bit data yang ada dalam sebuah disk terenkripsi menggunakan software ataupun basis dari hardware. Yang artinya whole disk encryption akan mengekripsi seluruh data yang ada didalam disk termasuk software yang melakukan enkripsi itu sendiri.

Manfaat dari whole disk encryption:

  • Segala hal akan terenkripsi. Ini termasuk swap space dan temporary files yang dapat memperlihatkan data penting yang seharusnya tidak diperlihatkan. Banyak orang tidak berpikir untuk mengekripsi file ini.
  • Tidak perlu melakukan enkripsi secara manual terhadap files. Jadi tidak perlu menentukan file mana yang harus dienkripsi secara manual karena semua file akan terenkripsi
  • Kerusakan data secara langsung. Bila kunci enkripsi dirusak maka seluruh file akan hancur dan tidak bisa digunakan lagi (pencegahan pencurian data)

Aplikasi Disk Encryption

Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan hal diatas, baik untuk Unix, Mac dan Windows.
Untuk sistem Unix salah satu pilihan terbaiknya yaitu loop-AES yang memanfaatkan algoritma AES untuk melakukan enkripsi.
Pilihan untuk sistem Unix lainnya yaitu Cryptoloop.

Allan Latham's PPDD (Practical Privacy Disc Driver) adalah sebuah driver perangkat Linux yang membuat sebuah perangkat terlihat seperti sebuah partisi. PPDD memanfaatkan algoritma Bruce Schneier's Blowfish dalam melakukan proses enkripsi.

Julian Assange's Rubberhose merupakan tool Linux unik karena dalam proses enkripsi yang dilakukan dengan mengkombinasikan sistem enkripsi dan steganography. Rubberhose mendukung DES, 3DES, IDEA, RC5, RC6, Blowfish, Twofish dan CAST.

Pilihan untuk sistem Windows lebih banyak, beberapa diantaranya yaitu Cypherix Cryptainer LE aplikasinya bersifat gratis dan sistem enkripsi yang dipakai yaitu dengan algoritma Blowfish, tetapi hanya dibatasi 25MB untuk pembuatan partisi. Ada juga CrossCrypt yang merupakan aplikasi disk enryption Windows yang bersifat open source dengan dukungan sistem AES dan TwoFish. CrossCrypt dirancang agar cocok dengan aes-loop, yang sangat berguna bagi pengguna dual-boot Linux dan Windows

Itulah beberapa tools yang dapat digunakan untuk mengamankan data yang kita miliki secara menyeluruh yang ada dalam partisi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda dan mungkin juga bisa mencari aplikasi lain karena masih banyak yang tidak saya deskripsikan, dan juga untuk penjelasan beberapa jenis algoritma diatas dapat dipelajari lebih lanjut bila memang tertarik dalam bidang keamanan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

16 comments: Leave Your Comments

  1. hhmm baru tau kalau mengamankan hardisk ada alatnya gan :D kalau mengembalikan data yang di harddisk setelah install ulang ada ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk mengembalikan data sih ada software juga cuma gak ada jaminan data kembali seutuhnya, hanya beberapa persen yang didapat

      Delete
  2. nice info gan. ada benernya juga sih kalau mau menyimpan tentunya harus pada wadah yang baik juga.

    ReplyDelete
  3. nyimak dulu deh nambah2 ilmu...

    ReplyDelete
  4. Thanks gan udh dishare :D Nice Info gan (y)

    ReplyDelete
  5. ini juga bisa mencegah data dari infeksi virus juga yah gan? ~
    kalo punya alatnya enak - enak aja tapi kalo yang gapunya ini cuman nyimak doang hehehe
    Thanks before broh ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan dari virus gan, karena bukan antivirus tapi melainkan software enkripsi..
      bisa didownload softwarenya kalo mau coba

      Delete
  6. Banyak juga manfaat whole disk encyprtion. Thnks info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi org yang mementingkan data, sistem enkripsi itu penting gan :D

      Delete
  7. wah nice artikel, tapi jangan sampe nggak mampir ke pen alquran http://www.penmuslim.com/homepage/ ada artikel yang harus agan tau :)

    ReplyDelete
  8. nice artikel gan sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. nice gan..tapi HDD ane kena bortnya gan..apa ada solusinya soalnya penting datanya gan data kerja??

    ReplyDelete