WHAT'S NEW?
Loading...

Belajar SQL: Menggunakan Query MySQL

query mysql

Didalam database, perintah-perintah dalam mengoperasikan sistem kelola data disebut query (ribet ya penjelasannya, intinya sebuah perintah disebut query didalam SQL). Dalam keseharian penggunaannya terdapat beragam tipe orang yang memiliki gayanya masing-masing. Kali ini kita akan membahas dasar-dasar mengelola database beserta tata cara sederhana dalam menggunakan query.
Sering kita temukan diberbagai artikel ataupun buku jenis pengetikan query yang berbeda, ada yang menggunakan satu baris ada juga yang menggunakan beberapa baris hanya untuk menjalankan satu fungsi query, jika penggunaan satu baris mungkin bisa saya katakan mudah karena kita hanya perlu mengetikan query tersebut hingga akhir tetapi adapula query yang terdiri dari beberapa baris dengan ditandai dengan baris baru, untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini:

1. Query satu baris
Cara ini sangat mudah dan sangat direkomendasikan untuk query yang pendek, contohnya yaitu:
mysql> SELECT * FROM books;
Query diatas akan menampilkan seluruh isi tabel books. Dengan query satu baris sangat cocok bila digunakan untuk query pendek seperti contoh diatas.

2. Query beberapa baris
Untuk tipe query seperti ini biasa digunakan bila query memiliki banyak data yang ingin ditampilkan, dan tipe ini sangat saya rekomendasikan bila kita menggunakan query yang panjang, misalnya:
mysql> SELECT name, birth, genre
-> FROM human
-> WHERE genre = 'male' OR genre = 'female';
Cara kedua ini memang sangat cocok untuk query yang panjang seperti contoh diatas, karena dengan cara tersebut kita dapat dengan mudah menentukan query dengan benar, saya sendiri menggunakannya akan tetapi bukan berarti query diatas tidak bisa dilakukan dengan satu baris, bisa kok, hanya saja untuk lebih memudahkan dan lebih menjelaskan query yang akan dijalankan.

Dari 2 cara tersebut, khusus pada cara nomor 2 terdapat beberapa hal yang perlu kita ketahui, coba perhatikan cara nomor 2, saat pertama kali kita menjalankan query kita berada dalam shell database yaitu mysql> (saya menyebutnya sebagai shell) setelah baris baru shell tersebut berubah menjadi -> perubahan ini mempunyai makna tersendiri jadi jangan salah saat mengetikan query, berikut ini akan saya jelaskan mengenai shell dalam database.
mysql> | shell untuk memulai sebuah query
-> | shell baru untuk lanjutan sebuah query
'> | shell baru untuk lanjutan sebuah query dari sebuah string yang dimulai dengan single quote (')
"> | shell baru untuk lanjutan sebuah query dari sebuah string yang dimulai dengan double quote (")
`> | shell baru untuk lanjutan sebuah query dari sebuah identifier yang dimulai dengan backtick (`)
/*> | shell baru untuk lanjutan sebuah query dari sebuah komentar yang dimulai dengan /*
Saya berikan contoh untuk bisa lebih mengerti seperti apa maksud dari penjelasan shell diatas.
mysql> SELECT * FROM human WHERE name = 'Bill AND age < 30;
'>
Nah loh kok tiba-tiba shellnya gak muncul hasilnya, pasti sering ngalamin yang begitu kan, saya juga dulu sering sekali. Terus harus gimana? terkadang kita ketikkan semicolon (;) tapi tidak juga berhasil akhirnya close dari database karena bingung.. Baiklah kita coba pahami sedikit dari contoh di atas. Bila kita perhatikan query sudah benar hanya saja tertinggal penutup single quote dan juga sudah terlanjur diakhiri query-nya oleh semicolon, jadi bila kondisi seperti ini terjadi yang perlu dilakukan cukup dengan mengetikkan '\c yang berarti kita akan membatalkan shell tersebut jadi tidak harus keluar database.
Fungsi dari query \c adalah untuk membatalkan query, misalnya:
mysql> SELECT name birth, genre
-> \c
Kita lihat contoh di atas tampak bahwa kita menyadari ada kesalahan query yaitu kurang tanda koma (,) yang diberikan akan tetapi sudah terlanjur ke baris baru untuk lanjutan query, maka untuk itu kita perlu membatalkannya dengan \c sehingga kita akan kembali ke shell utama.

Saya kira cukup pemahamannya, hanya yang perlu diperhatikan adalah pada bagian shell dan selalu perhatikan juga query yang kita ketikkan agar dapat berjalan dengan benar. Selamat mencoba dan selamat belajar..

2 comments: Leave Your Comments