WHAT'S NEW?
Loading...

Bash Script Pengingat Status Battery Low

Bash Script Pengingat Status Battery Low


Pengguna Linux biasanya suka melakukan eksperimen, baik dalam hal modifikasi desktop, meningkatkan kinerjanya dengan tweaking maupun hal-hal lain demi kenyamanan penggunanya. Saya baru saya melakukan salah satu hal yang sudah sejak lama saya ingin terapkan, hal tersebut yaitu suara pengingat jika baterai laptop sudah hampir habis. Saya sering kali kurang memperhatikan status baterai meskipun sudah tertampil notifikasi battery low, oleh karena itu saya berinisiatif untuk menggunakan metode "alert sound notification" agar saya bisa tahu kondisi baterai dengan suara yang terdengar.
Cara ini diterapkan sangat mudah yaitu hanya dengan "bash script" yang dapat dibuat hanya dengan editor sederhana, akan tetapi sebelum membuat script tersebut hal yang diperlukan yaitu aplikasi untuk menjalankan media suara melalui sistem background. Ya memang bukan aplikasi antar muka yang dibutuhkan seperti Audacious, Banshee dan lain-lain karena tidak mungkin nantinya setiap status baterai lemah, aplikasi tersebut muncul hanya untuk menjalankan suara notifikasi yang hanya beberapa detik tentunya hal itu akan mengganggu, oleh sebab itulah perlu untuk menggunakan aplikasi media player yang dapat berjalan melalui background dan saya menggunakan aplikasi mplayer.
Langsung saja lakukan dengan cara berikut ini untuk menerapkannya:
$ sudo apt-get install mplayer
Kemudian ketik ataupun copy-paste script dibawah ini menggunakan editor yang sering anda gunakan:
#!/bin/bash
while true
do
export DISPLAY=:0.0
battery_level=`acpi -b | grep -P -o '[0-9]+(?=%)'`
if [ $battery_level -le 15 ]; then
notify-send "Battery is lower 15%"
sleep 20
if ! on_ac_power; then
mplayer "/home/user/sounds/notification.mp3"& ## lokasi file suara notifikasi
fi
fi
sleep 120 # 120 detik atau 2 menit
done
Simpan script tersebut dengan nama yang diinginkan misal alert_battery.sh kemudian tambahkan hak akses executable kemudian masukkan kedalam startup program:
$ chmod +x /home/user/sound/alert_battery.sh $ sudo nano /etc/rc.local (tambahkan perintah dibawah ini sebelum tulisan exit 0) sh /home/user/sound/alert_battery.sh
Seperti itulah cara untuk menerapkannya, setelah itu dapat langsung restart komputer untuk dapat menjalankan script tersebut. Lalu untuk suara notifikasinya dapat menggunakan jenis suara apapun yang diinginkan, dalam hal ini saya men-download dari internet dengan durasi notifikasi suara 2 detik. Selamat mencoba.


0 comments:

Post a Comment