WHAT'S NEW?
Loading...

Membuat Aplikasi Android Dengan MIT App Inventor

MIT App Inventor

Android sudah menjadi sangat populer saat ini begitu juga perkembangan yang semakin banyak beredar baik yang dibuat oleh perusahaan maupun individu. Dalam proses pengembangan aplikasi Android sekarang ini sudah sangat mudah, tidak seperti dulu bisa dikatakan cukup sulit karena tools yang tersedia hanya sedikit. Namun seiring dengan berjalannya waktu hingga membuat Android tumbuh pesat dengan perkembangan yang baik hingga muncullah banyak tools yang dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi Android.

Dalam pengembangan sebuah aplikasi Android saat ini bisa dilakukan dengan Android Studio yang memang dibuat dan direkomendasikan oleh Google, namun juga terdapat tools lain yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi Android yaitu dengan HTML5 dan juga via Web Based.

Saya sendiri menggunakan Android Studio untuk belajar membuat aplikasinya, namun beberapa waktu yang lalu saya menjumpai tools yang menarik untuk membuat aplikasi Android yaitu berbasis web. Tool ini sangat menarik karena kita hanya perlu mengaksesnya melalui web browser dan segala proses pembuatan dilakukan melalui browser, tool yang dimaksud ialah MIT App Inventor

Untuk menggunakan tool ini kita memerlukan akun Google sebagai aksesnya dan juga tool ini masih bersifat beta jadi memungkinkan terdapat bugs, akan tetapi toolnya dapat berjalan dengan baik. Berikut ini contoh gambar saat saya menggunakannya.
MIT App Inventor
TOS MIT App Inventor
MIT App Inventor
Halaman Awal Aplikasi
MIT App Inventor
Halaman Proses Pembuatan Aplikasi
Seperti yang tampak pada gambar di atas, proses pembuatan aplikasinya sangat sederhana dan tentunya sudah dilengkapi menu yang diperlukan. Dan untuk membuat sebuah project dapat dilakukan dari halaman awal seperti contoh gambar saya membuat project aplikasi MathApp sebagai contohnya. Tool ini sangat mudah digunakan, namun yang perlu diperhatikan ialah koneksi internet harus stabil agar dapat menggunakannya dengan lancar.

Itulah salah satu tools yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android, dan juga tentunya masih terdapat tools lainnya yang saya sendiri masih belum tahu karena dengan perkembangan Android tentunya mungkin terdapat ragam cara untuk membuat aplikasinya dengan bantuan tools yang disediakan oleh orang-orang tertentu. Selamat mencoba..

4 comments: Leave Your Comments

  1. Oke infonya pengen nyobak nih..salam sukses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba gan, semoga nantinya bisa berhasil buat aplikasi android buatan sendiri :)

      Delete
  2. Replies
    1. Sudah gan, tapi hanya sebatas testing bukan utk build aplikasi secara penuh, jaringan saya gak kuat jadi bikin aplikasinya lewat android studio :)

      Delete