WHAT'S NEW?
Loading...

Membangun Web Server di Ubuntu

membangun web server di ubuntu

Dijaman modern sekarang ini, penggunaan website sudah menjadi hal umum dari berbagai macam kepentingan, bukan hanya industri bahkan untuk perorangan. Membuat website atau blog sangat mudah bahkan juga gratis, namun disamping itu terdapat teknologi yang menjadi tulang belakang untuk website tersebut dapat berjalan yaitu web server. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang web server dan bagaimana cara membangunnya.
Web server adalah sebuah server yang bertanggungjawab untuk menerima request HTTP dari web client dan memberikan kembali HTTP respon (HTTP adalah sebuah protokol), respon yang diberikan berupa sebuah halaman web sekaligus dengan kontennya baik berupa teks maupun script. Salah satu web server yang banyak digunakan yaitu Apache web server. Apache bersifat opensource dan tentunya gratis, saya akan menggunakan Apache web server untuk membangun sebuah web server di linux.
Langkah awal yang perlu dipersiapkan yaitu OS linux (saya menggunakan Ubuntu), kemudian koneksi internet untuk proses installasinya. Dalam proses installasi cukup mudah dengan perintah sebagai berikut.
# apt-get install apache2
Jika sudah berhasil terinstall, buka web browser untuk mengakses web server kemudian pada address bar ketikkan localhost atau alamat IP komputer maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.
membangun web server di ubuntu
Jika masih belum muncul seperti gambar di atas, lakukan restart web server dengan perintah berikut.
# service apache2 restart
Dengan begitu kita telah berhasil membangun sebuah web server, cukup mudah bukan. Selanjutnya kita akan mencoba mengubah atau menambahkan sebuah halaman HTML sederhana guna untuk menguji web server yang telah dibuat, anggap saja kita akan meletakkan sebuah website di web server ini. Apache memiliki direktori default yang sudah ditentukan untuk website pada /var/www dan saya akan menggunakan direktori tersebut untuk meletakkan halaman HTML, meskipun sebenarnya bisa dilakukan dari luar direktori dengan symlink. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan.
- Masuk ke direktori website
# cd /var/www
- Backup file index.html apache
# mv index.html index.html-default
- Buat halaman HTML website
# nano index.html (misal isikan dengan code HTML dibawah ini)
Membangun web server di ubuntu

Setelah itu simpan file dan kemudian coba lagi akses web server maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.
membangun web server di ubuntu
Dapat dipastikan website yang kita buat telah berhasil tertampil dari web server, namun masih ada hal penting yang harus dilakukan yaitu untuk membuat web server mendukung script php. Tidak akan lengkap kalau hanya sebuah website bersifat static dengan halaman HTML saja, tetapi akan lebih baik web server diberikan dukungan penuh terhadap teknologi yang memang harus ada didalamnya. Cara untuk menginstall php adalah sebagai berikut.
# apt-get install php5 php5-cli php5-common php5-cgi php5-fpm php5-gd php5-mysql php-db php-pear
Beberapa dari sistem pendukung php5 diatas tidak semuanya saya masukkan karena terdapat banyak sekali bila harus dimasukkan semua jadi saya hanya memilih beberapa diantaranya yang diperlukan saja. JIka sudah berhasil menginstall dukungan php maka untuk mencobanya kita harus membuat file (masih didalam direktori website) untuk mendapatkan informasi php dengan cara berikut.
# nano info.php
phpinfo();
?>
Simpan file tersebut dan akses melalui address bar dengan menambahkan nama file setelah alamat IP (locahost/info.php atau 1.2.3.4/info.php), jika berhasil akan tampil seperti gambar dibawah ini.
membangun web server di ubuntu

Setelah dukungan php telah ada didalam web server, maka kita dapat membuat website dari CMS semacam wordpress, joomla dll. 

Kira-kira seperti itulah cara membangun web server apache, akan tetapi Apache bukanlah satu-satunya web server yang harus digunakan, saya sendiri menggunakan 2 dengan yang satunya adalah Nginx web server karena lebih ringan dan cepat, kita dapat memilih ataupun mencobanya sendiri web server mana yang ingin digunakan, juga terdapat langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat membangun web server dan yang paling penting tentunya mengenai keamanannya dan juga manajemen website yang akan dibuat sehingga web server dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 comment: Leave Your Comments

  1. ditambahi penjelasannya mas
    lihat juga konfigurasi mail server ubuntu 16.10
    https://www.youtube.com/playlist?list=PLxuK3isb0jSxMdovD789k6RV1VZXJhscD

    ReplyDelete