WHAT'S NEW?
Loading...

Tutorial MongoDB: Dasar MongoDB Shell - Part 5

headline


Pada part ini kita akan mulai menggunakan MongoDB Shell untuk lebih mengenal MongoDB dalam penggunaannya, terlebih dalam pengoperasian fungsi query NoSQL database.

Untuk memulai menggunakan MongoDB Shell, pastikan terlebih dahulu service MongoDB sudah dijalankan. Untuk dapat mengakses server secara kustom, seperti hostname/IP server, port dan database, gunakan perintah berikut dari terminal:
mongo host_server:27017/myDB <== 27017 port default MongoDB
Contoh di atas diasumsikan kita sudah mempunyai database yang akan diakses, namun bila kita belum punya database maka gunakan perintah berikut:
mongo
> help <== untuk melihat kumpulan perintah shell
> show dbs <== menampilkan nama database
> use myDB <== gunakan database myDB atau buat db myDB
> exit <== keluar dari shell
Contoh perintah di atas adalah untuk kasus memulai akses database, bila nantinya kita sudah punya database yang akan dihandle maka saya pribadi lebih senang menggunakan cara berikut ini:
mongo --nodb
> conn = new Mongo("host_server:27017")
> db = conn.getDB("myDB")
Cukup sederhana dan tentunya lebih terlihat terstruktur, akan tetapi bukan berarti harus menggunakannya, mungkin ada cara lain yang lebih bagus yang bisa ditemukan di internet.

Seperti yang kita tahu sebelumnya kalau "mongo" sederhananya adalah JavaScript shell, dengan begitu kita bisa melihat JavaScript dokumentasi sebagai referensi. Untuk fungsi MongoDB secara spesific, sudah terdapat fungsi built-in yang dapat dilihat dengan perintah "help" seperti contoh sebelumnya di atas.

Untuk tingkatan level tersedia melalui parameter masing-masing, misalnya level database (berada dalam shell database yang digunakan) yaitu "db.help()" dan untuk level collection yaitu "db.nmcollection.help()"

Ada hal yang mungkin bisa dikatakan unik dalam MongoDB shell, misalkan kita ingin mengetahui seperti apa sebuah fungsi bekerja dalam mengolah data, dalam hal ini kita ingin mengetahui bagaimana fungsi update bekerja, maka cukup lakukan perintah berikut melalui shell:
> db.books.update
Dari hasil diatas maka akan tampak barisan kode JavaScript yang menghandle fungsi tersebut. Perlu diketahui, pada contoh tersebut kita tidak menggunakan tanda kurung "()" pada akhir nama fungsi, hal ini bertujuan untuk menguak isi dari fungsi tersebut, tetapi bisa kita menggunakan tanda kurung "()" pada nama fungsi tersebut "update()" maka berarti fungsi akan dieksekusi.

Part 1: Tutorial MongoDB: Pengenalan MongoDB - Part 1
Part 2: Tutorial MongoDB: Mengoperasikan MongoDB - Part 2
Part 3: Tutorial MongoDB: Tipe Data MongoDB - Part 3
Part 4: Tutorial MongoDB: Tipe Data MongoDB (Tambahan) - Part 4
Part 5: Tutorial MongoDB: Dasar MongoDB Shell - Part 5
Part 6: Tutorial MongoDB: Operasi CRUD - Part 6

Itulah sedikit dasar dalam menggunakan MongoDB shell, jika ada yang salah ataupun ada hal yang ingin ditanyakan silakan isi komentar dibawah, dan jangan lupa tetap kunjungi blog ini ataupun bookmark label tag mongodb untuk update part selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment