WHAT'S NEW?
Loading...

Install Multiple Versi Java Oracle

headline

Bagi anda yang baru mengupdate Android Studio dengan semua komponennya, setelah selesai update muncul error mengenai render problem yang terjadi karena Android versi Nougat membutuhkan komponen Java JDK versi 8.

Hal ini bukan berarti kita wajib untuk menginstall versi tersebut jika kita memang masih ingin menggunakan versi 7, tapi perlu dilakukan mengganti pengaturan default API yang tentunya masih mendukung Java JDK versi 7.

Namun lebih baik tetap mengikuti rekomendasi yang memang sudah ada dengan menginstall versi terbaru. Saya menggunakan Debian Linux dan sudah terinstall Java JDK versi 7 sebagai default, tentu saja di Linux kita dapat menginstall versi lainnya dan dapat dengan mudah mengganti versi yang kita inginkan sebagai default sistem.

Berikut ini langkah yang perlu anda jalankan untuk menginstall dan menentukan versi default yang diinginkan.

$ sudo apt-get update
$ sudo apt-cache search oracle-* <======= untuk mencari apakah package Java tersedia
$ sudo apt-get install oracle-java8-installer

Hasil pencarian package
Proses installasi akan berjalan dan total package yang didownload lebih kurang 180Mb. Jika sudah selesai biasanya versi yang baru diinstall tersebut akan menjadi default, cara untuk memeriksa versi Java default sistem adalah cukup dengan perintah berikut:

$ java -version

Kemudian bila kita ingin melihat versi berapa saja yang terinstall ataupun mengganti versi yang kita inginkan, lakukan dengan perintah ini:

$ sudo update-alternatives --config java
Menentukan versi Java
Jika anda ingin menggunakan versi lain cukup masukkan nomor pilihan yang mengacu pada versi yang tertera kemudian tekan enter, lalu jalankan lagi perintah untuk memeriksa versi Java maka versinya sudah seharusnya berubah.

Cukup mudah bukan, silakan anda coba langsung dan bila menemukan kesulitan anda dapat menuliskannya melalui komentar dibawah.

0 comments:

Post a Comment