WHAT'S NEW?
Loading...

Linux Backup Tools Terbaik

linux backup tools terbaik


Linux backup tools, sebuah rencana B (backup) yang penting untuk terselamatkan dari human errors, disk failure maupun file yang corrupt. Backup tools setidaknya harus dimiliki untuk setiap orang sejumlah satu macam backup tool, karena kebanyakan orang terkadang melakukan kesalahan yang mengakibatkan kehilangan data ataupun file yang corrupt. Cara backup yang sederhana adalah dengan memiliki media penyimpanan sekunder yang hanya digunakan untuk membackup data penting seperti flashdisk khusus ataupun harddisk eksternal.
Meskipun terdapat beberapa cara untuk melakukan backup, saat ini sudah banyak tools yang dibuat untuk dapat melakukan proses backup. Backup tools yang dimaksud ialah untuk server. Memang menjadi sebuah keharusan bila kita memiliki server untuk memiliki sistem backup agar ketika server failure ataupun terjadi sesuatu yang tidak terduga kita masih memiliki data yang telah dibackup. Terdapat beberapa backup tools untuk Linux yang dikenal dan cukup banyak digunakan yang diantaranya sebagai berikut.

fwbackups

fwbackups merupakan program yang kaya akan fitur yang memungkinkan kita untuk membackup dokumen kapanpun, dimanapun, dan banyak yang mengatakan kalau program ini adalah program yang paling mudah digunakan dari semua backup tools lainnya. Dengan memiliki interface yang user-friendly, selain dapat melakukan backup secara manual program ini juga dapat melakukan backup terjadwal, proses backup juga dapat dilakukan secara lokal maupun remote dan menyimpan kedalam format file tar, tar.gz, tar.bz maupun rsync.
Kita dapat membackup seluruh isi data komputer ataupun hanya membackup sebuah file. Tidak seperti kebanyakan backup tools, fwbackups sangat mudah diinstall karena tool ini tersedia hampir disemua distribusi linux.

fwbackups

Bacula

Bacula adalah program komputer backup tools open source yang mengizinkan kita untuk mengelola backup, recovery dan verifikasi data komputer melalui sebuah jaringan komputer yang berbeda. Bacula relatif mudah untuk digunakan dan sangat efisien, dengan menyediakan banyak fitur storage management yang memudahkan untuk mencari dan mengembalikan file yang hilang maupun yang rusak.

Bacula

Rsync

Rsync adalah salah satu backup tools yang paling banyak digunakan. Dengan Rsync, kita dapat melakukan proses tahapan backup secara flexible, baik secara lokal maupun remote. Rsync dapat memperbaharui seluruh direktori dan file systems, preserve links, ownerships, permissions, dan privileges dengan menggunakan rsh, ssh ataupun koneksi langsung ke socket, serta mendukung koneksi anonymous. Rsync sendiri adalah program command-line, salah satu nilai plus menggunakan program command-line yaitu kita dapat membuat sebuah script untuk digunakan, terkait dengan cron (penjadwalan tugas) untuk membuat proses backup secara otomatis.

Rsync

Itulah beberapa diantara Linux backup tools yang menurut saya bagus untuk digunakan, masih banyak lagi backup tools yang ada dan bisa dicoba sendiri namun untuk backup tools diatas saya hanya memberikan yang umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebelum menggunakan sebuah tools alangkah baiknya jika kita melihat review terhadap tools tersebut agar mengetahui seperti tanggapan pengguna dan apakah layak untuk digunakan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment