WHAT'S NEW?
Loading...

Belajar SQL: Mengelola dan Membuat Database MySQL

membuat database mysql

Pada artikel ini, saya akan memberikan pembelajaran yaitu bagaimana cara menggunakan dan mengelola database MySQL. Cara menggunakannya cukup mudah dan sudah saya jelaskan sedikit dasar-dasarnya di artikel belajar menggunakan database MySQL. Kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal cara untuk mengelola database mulai dari membuat database, kelola data tabel dengan Insert, Update, Delete dan lain sebagainya. Langsung saja dimulai dengan mengakses database, saya asumsikan kita telah membuat user dan bukan bukan menggunakan user root.
$ mysql -u admin -p
Setelah berhasil masuk ke dalam database, selanjutnya yaitu membuat database dan kemudian memasukkan data yang diperlukan, misalnya:
mysql> CREATE DATABASE human;
Lalu untuk melihat database yang tersedia dan yang baru dibuat gunakan perintah show databases; maka akan tertampil database yang ada, kemudian karena kita telah membuat database human maka kita gunakan database tersebut untuk mengelola data.
mysql> USE human;
Terdapat cara lain untuk mengakses langsung database yang akan kita gunakan, cara tersebut dapat dilakukan melalui terminal secara langsung tanpa terselebih dahulu masuk ke dalam database, adapun caranya sebagai berikut yang menunjukkan user admin akan mengakses langsung ke dalam database human.
$ mysql -u admin -p human;
Setelah masuk ke dalam database, selanjutnya membuat tabel karena database yang baru tidak memiliki data. Membuat tabel sangatlah mudah, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dalam mengelola database yaitu harus konsisten terhadap nama tabel dan kolom serta data yang dimasukkan, case sensitive sangat berpengaruh didalam database, konsisten yang saya maksud ialah jika menggunakan huruf kecil maka gunakanlah huruf kecil semua, ataupun bisa konsisten dengan metode pundak unta (diawali huruf kapital; tabel RiwayatHidup).
mysql> CREATE TABLE employee (id_employee VARCHAR(5), name VARCHAR(30), birth DATE, genre CHAR, position VARCHAR(20));
Tabel yang baru dibuat dapat dilihat dengan perintah show tables; maka akan tampak tabel yang ada, kemudian kita akan memasukkan data kedalam tabel, cara biasa yaitu menggunakan Insert, tetapi terdapat cara lain yaitu melalui sebuah file.
mysql> INSERT INTO employee
-> VALUES ('e51', 'Bob', '1980-12-22', 'm', 'Admin');
Jika berhasil maka data akan tersimpan di dalam tabel, data tersebut dapat kita lihat dengan perintah select berikut ini yang akan menampilkan seluruh isi tabel.
mysql> SELECT * FROM employee;
Kemudian apabila kita temukan data yang salah, kita tidak perlu menghapusnya dan memasukkan data baru tetapi data tersebut dapat dirubah dengan perintah update, misalnya data yang baru dimasukkan tadi akan saya rubah tanggal lahirnya.
mysql> UPDATE employee SET birth = '1980-10-25' WHERE name = 'Bob';
Dengan cara diatas data lahir Bob akan kita rubah, bisa di lihat kembali isi tabel. Tetapi bila ingin menghapus data dalam tabel bisa dilakukan dengan perintah delete.
mysql> DELETE FROM employee;
Perintah query diatas akan menghapus seluruh isi tabel, jadi jangan lakukan perintah tersebut bila tidak ingin menghapus seluruh data tabel.

Demikianlah dasar mengelola database, masih banyak lagi cara yang perlu diketahui dan nanti akan saya lanjutkan kembali. Selamat mencoba dan selamat belajar..

1 comment: Leave Your Comments

  1. Terima kasih kembali, jika berkenan bisa bantu share ya artikelnya

    ReplyDelete