WHAT'S NEW?
Loading...

Mengatasi Error com.mysql.jdbc.exceptions.jdbc4 Communications Link Failure

com.mysql.jdbc.exceptions.jdbc4 communication link failure


Berawal dari kegiatan coding java yang saya senangi dan iseng belajar kembali untuk koneksi database, ada kejadian yang saya dapatkan yaitu hasil coding saya error karena tidak bisa terhubung dengan database. Saya menggunakan MySQL dan tentunya sudah menggunakan MySQL connector, tetapi hasil tetap error meskipun saya mencoba berbagai macam jenis coding hanya untuk terhubung ke database, error yang saya dapatkan yaitu "com.mysql.jdbc.exceptions.jdbc4.communications exception communications link failure". Dari beberapa info di internet error tersebut disebabkan oleh host address dan konfigurasi MySQL. Terdapat banyak sekali cara yang diberikan untuk mengatasinya tetapi tidak berlaku untuk setiap orang sebuah cara tersebut karena jika 1 orang berhasil maka ada juga yang tidak berhasil oleh karena itu perlu sekali untuk memahami konfigurasi komputer kita sendiri.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika mendapatkan error seperti itu antara lain:

- Perhatikan host address pada /etc/hosts
- Perhatikan konfigurasi my.cnf yang harus di pastikan menutup #bind-address

Masalah yang saya hadapi yang ternyata berasal dari host address yang berisikan 127.0.0.1 jessie, sedangkan saat membuat koneksi dalam code berisikan localhost oleh sebab itu  saya mendapatkan error, jadi perlu untuk mengubah jessie menjadi localhost. Jika sudah melakukan perubahan pastikan merestart komputer maka dengan begitu code dapat terhubung dengan database.

Pengalaman diatas adalah dari yang saya alami sendiri, jadi mungkin saja cara tersebut tidak berefek untuk semuanya akan tetapi semoga dengan cara tersebut dapat mengatasi masalah seperti error diatas bagi yang mencobanya.

2 comments: Leave Your Comments

  1. cranya gimana gan? saya masih bingung, maklum newbie, tolong dikasih step2 nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pake linux apa ? coba buka file config mysql dengan perintah sudo nano /etc/mysql/my.cnf terus cari baris bind-address lalu kasih tanda # didepannya

      Delete