WHAT'S NEW?
Loading...

Apa Itu CMS

Apa Itu CMS


CMS a.k.a Content management System mengandung arti yang sangat luas. CMS mengandung kata Content (isi) dan Management yang artinya pengelolaan terhadap isi, seperti menambah, merubah dan menghapus serta management lainnya seperti pengaturan siapa yang boleh melakukan ini itu dan siapa yang tidak (hak users).
Lalu apa yang dimaksud dengan "isi" di sini? Artinya sangat luas dan tidak terbatas. Bisa saja berupa artikel, gambar, video serta isi-isi lainnya yang umum di dalam sebuah website.
Penjelasan dari Wikipedia:
Sistem manajemen konten (Inggris: Content Management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
- aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
- aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application [CDA]).

Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.
Membuat sebuah CMS tentu bukan pekerjaan mudah dan dulunya untuk membuat sebuah CMS hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai modal besar. Keadaan ini mulai berubah ketika orang-orang kreatif dan penuh semangat membuat CMS open source, yaitu seperti : Joomla, Wordpress, Drupal, Moodle, dan lain-lain. Kini, anda bisa menggunakan CMS open source dengan murah dan bahkan gratis dalam membuat website yang profesional.
Ada website yang memberikan banyak informasi tentang CMS opensource, dapat kita temukan dengan menggunakan kata kunci CMS open source di mesin pencari Google, Yahoo dan Bing. Serta bisa juga kita mendapatkan informasi mengenai CMS open source melalui opensourcecms.com. Seperti yang dilansir dari kutipan di websitenya bahwa opensourcecms.com dirancang untuk memberikan Anda kesempatan untuk "mencoba" beberapa sistem terbaik perangkat lunak open source di dunia. Di website tersebut banyak terdapat CMS open source, informasi, rating dan voting dari user. Selain itu disediakan juga halaman demo-nya, untuk mencoba fitur-fitur dari CMS tersebut.

Jadi sekarang gampang kan untuk membuat website, cukup pakai CMS saja. Karena tidak semua programmer Web itu mempunyai latar belakang IT, bahkan mayoritas dari mereka bukan dari lulusan Perguruan Tinggi. Cukup belajar dari CMS saja untuk membuat sebuah website, nanti pelan-pelan juga bisa pinter asal terus mencoba ilmunya.

0 comments:

Post a Comment