WHAT'S NEW?
Loading...

Apa Itu Virtualisasi

apa itu virtualisasi

Dijaman modern sekarang ini, infrastruktur dari teknologi sudah makin berkembang. Salah satunya yaitu teknologi virtualisasi yang banyak digunakan baik oleh perusahaan maupun perorangan. Teknologi virtualisasi merupakan teknik untuk menjalankan OS didalam OS lain. Jadi pengertiannya terdapat 2 OS yang salah satunya merupakan OS primary atau utama yang sudah dibenamkan aplikasi virtulisasi untuk menjalankan atau mengoperasikan OS secondary. Bisa dikatakan bahwa OS primary merupakan rumah dari OS secondary, sehingga dalam virtualisasi tidak hanya 1 OS yang dapat diletakkan didalam rumah tersebut melainkan beberapa OS lainnya juga bisa dengan syarat mengacu pada sistem spesifikasi mesin komputer OS primary.
Beberapa diantara aplikasi virtualisasi yang banyak digunakan yaitu:

- Virtualbox
- VMWare
- QEMU Emulator
- KVM
- Xen, dll

Dari beberapa contoh aplikasi virtualisasi diatas, saya sudah mencoba 3 yaitu Virtualbox, VMWare dan Xen. Namun sangat perlu diperhatikan yaitu spesifikasi komputer utama, saya sendiri menggunakan sebuah laptop dengan standard yang bisa dikatakan cukup, tetapi karena virtualisasi menjalankan OS didalam OS sehingga terdapat 2 OS (OS primary dan OS secondary) yang jalan sekaligus akan memberatkan komputer, saya sendiri biasanya maksimal menjalankan 3 OS secondary (OS virtual) itupun kalo memang dibutuhkan saat melakukan uji coba, namun pada dasarnya tujuan saya menggunakan virtualisasi adalah untuk belajar seperti apa itu server (OS virtual yang dipakai yaitu OS linux server).
Jika memang tertarik untuk belajar virtualisasi mungkin bisa mencoba aplikasi Virtualbox ataupun VMWare karena aplikasi tersebut memang cukup mudah digunakan terlebih lagi untuk pemula. Selamat mencoba..

0 comments:

Post a Comment