WHAT'S NEW?
Loading...

Mengelola Server Dengan Webmin Control Panel

webmin

Pada artikel ini saya akan memberikan contoh bagaimana mengelola server ataupun VPS dengan melalui Control panel. Sebelumnya saya juga telah membuat artikel mengenai VPS Control Panel Terbaik yang terdiri dari banyak user yang menggunakannya dan mendapatkan review yang baik.

Saya akan menggunakan Webmin/Virtualmin Control Panel. Control panel ini sudah tidak asing lagi bagi yang sudah sering mengelola server. Kegunaan control panel akan memudahkan admin sebagai pengelola dalam menangani server melalui interface (antarmuka) yang berbasis web.

Umumnya server tidak memiliki interface, jadi hanya berupa shell saja sehingga mungkin bagi sebagian orang hal itu sedikit menyulitkan. Namun dengan adanya control panel kita mendapatkan pengalaman yang baru dalam mengelola server dengan interface yang interaktif.

Untuk menginstall Webmin/Virtualmin dapat di download melalui official site webmin. Dan saya akan menggunakan Debian sebagai server dan sudah terdapat beberapa service yang telah terinstall didalamnya seperti MySQL, Nginx web server.

Install Webmin/Virtualmin

Masuk terlebih dahulu kedalam server, kemudian download package webmin.
#wget http://skylineservers.dl.sourceforge.net/project/webadmin/webmin/1.760/webmin_1.760_all.deb
Install dependensi yang dibutuhkan yaitu:
# apt-get install libauthen-pam-perl libio-pty-perl apt-show-versions libapt-pkg-perl libnet-ssleay-perl
# dpkg -i webmin_1.760_all.deb
Tunggu proses installasi selesai. Ketika berhasil menginstall webmin maka kita dapat langsung menjalankannya melalui web browser.

Menjalankan Webmin Control Panel

Untuk menjalankan webmin control panel dapat diakses melalui https://localhost:10000. Secara default webmin menginstall SSL untuk akses kedalam control panel sehingga kita harus mengaksesnya melalui protokol HTTPS, localhost dapat diganti dengan alamat IP server. Berikut ini halaman awal webmin control panel.
webmin

Mengkases control panel memerlukan user. User yang dimaksud ialah user sistem Linux, sebagai contoh gunakan user root untuk masuk ke dalam control panel. Berikut ini tampilan menu dalam webmin control panel
webmin

Pada sisi kiri terdapat daftar menu yang sudah disediakan oleh webmin, dan juga dapat dilihat terdapat service yang sudah terinstall dalam server saya yaitu MySQL dan Nginx web server. Saya dapat langsung melakukan konfigurasi terhadap service-service tersebut melalui control panel.
webmin
Selain melakukan konfigurasi terhadap service yang ada, juga masih tersedia banyak menu pilihan yang dapat kita konfigurasi sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi tidak perlu lagi kita menggunakan terminal untuk melakukan konfigurasi karena dengan control panel kita bisa lebih mudah mengelola server yang kita punya dengan melalui interface berbasi web yang menarik.

Masih ada banyak control panel lainnya, silakan baca disini. Dan saya sendiri lebih senang menggunakan webmin karena lebih simple dan sudah terbiasa dalam penggunaannya, tetapi terkadang saya juga sering mencoba control panel lainnya untuk melihat perbedaan dan mencari pengalaman yang baru. Jadi selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 comments: Leave Your Comments