WHAT'S NEW?
Loading...

Membuat Website Dengan Wordpress

membuat website dengan wordpress

Membuat sebuah website untuk saat ini sudah tergolong mudah, karena yang dibutuhkan hanyalah sebuah koneksi internet maka kita sudah dapat membuatnya. Tetapi kali ini saya akan memberikan contoh membuat website didalam web server namun sebelum itu tentunya kita sudah harus membangun web server. Pada contoh ini saya akan menggunakan salah satu CMS yang cukup banyak digunakan yaitu Wordpress. Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu membuat sebuah database untuk website kita.
$ mysql -u root -p
mysql> CREATE DATABASE wordpress;
mysql> quit
Kemudian download wordpress setelah itu tempatkan kedalam direktori website lalu ekstrak
$ tar -xzvf latest.tar.gz
Jika sudah terekstrak maka kita akan mendapat folder yang bernama wordpress nah langsung saja kita lakukan proses membuat website dengan mengaksesnya melalui web browser maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.
membuat website dengan wordpress
Klik tombol let's go dan lakukan pengisian informasi database seperti contoh gambar dibawah ini
membuat website dengan wordpess
Isikan setiap kolom sesuai dengan data yang kita miliki, nama database yang telah dibuat, username database yang digunakan (penggunaan root sangat tidak disarankan bila untuk penggunaan online), password database, database host. Setelah semua data diisikan klik tombol submit untuk melanjutkannya dan biasanya akan tertampil seperti gambar berikut.
membuat website dengan wordpress
Hal ini terjadi karena didalam file hasil ekstrak wordpress tidak terdapat file konfigurasi yang berisikan informasi database, oleh karena itu proses tidak dapat dilanjutkan, untuk dapat melanjutkannya cukup buat file dengan nama wp-config.php didalam folder website wordpress dan isikan file tersebut dengan seluruh isi kode yang ada didalam box (gambar blok warna biru) lalu simpan dan klik tombol run the install maka kita akan mendapatkan hasilnya.
membuat website dengan wordpress
Dari gambar diatas menandakan proses sudah hampir selesai, namun terdapat beberapa poin yang diperlukan yaitu site title adalah judul untuk website kita, kemudian username dan password data yang digunakan untuk login ke dalam wordpress serta alamat email untuk website apabila nantinya lupa password wordpress kita bisa mereset melalui alamat email serta yang terakhir allow search engines harus diberi tanda checklist guna untuk mesin pencari semacam google dapat menemukan website kita, jika semua data sudah diisi langsung tekan tombol install wordpress dan proses installasi selesai.
membuat website dengan wordpress
Selanjutnya kita dapat mencoba mengakses website kita dengan terlebih dahulu mencoba login, silakan tekan tombol login untuk masuk kehalaman dashboard guna untuk mengelola website kita seperti membuat artikel, mengganti tema, mengatur privasi dan lain sebagainya, atau mungkin kita bisa langsung memeriksa seperti apa website kita silakan akses melalui web browser ke alamat forlder website wordpress maka hasilnya akan tampak seperti dibawah ini.
membuat website dengan wordpress
Tampak dari gambar diatas website yang telah kita buat menggunakan wordpress sudah jadi, dan website tersebut berjalan dengan baik didalam sebuah web server. Kira-kira seperti itulah gambaran sederhana bagaimana membuat website didalam web server sendiri, sangat mudah dan simple bukan bila memiliki server sendiri. Silakan mencoba membuat website dengan CMS lainnya atau mungkin juga bisa menggunakan framework. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment